Lengkap Sudah Segala Bentuk Ujian Dan Musibah Pada Kasus Merebaknya Wabah Covid 19

Allah Ta'ala telah mengabarkan bahwa manusia akan diuji dan ditimpakan musibah berupa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Allah Ta'ala berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

"Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. " (QS. al-Baqarah: 155)

Segala bentuk dan musibah di atas  telah ada pada kasus merebaknya wabah Covid 19 saat ini yang melanda di berbagai negara, terkhusus di negeri Indonesia.

🐲Sebab wabah inilah banyak manusia yang "KETAKUTAN"

🌾Sebab wabah inilah banyak manusia yang "KELAPARAN"

🧳Sebab wabah inilah banyak manusia yang kehilangan mata pencaharian sehingga "KEKURANGAN HARTA"

👨🏾‍🦼Sebab wabah inilah banyak manusia yang gugur sehingga suatu daerah "KEKURANGAN JIWA"

🍊Sebab wabah inilah banyak manusia yang merasa keberatan karena mahal dan sedikitnya stok buah-buahan karena saat ini kondisinya sedang "KEKURANGAN BUAH-BUAHAN"

Tapi ingatlah wahai orang-orang yang beriman, sebaik-baik manusia dalam menghadapi segala bentuk ujian dan musibah tersebut adalah mereka yang memiliki "KESABARAN". Bahkan mereka dijanjikan oleh Allah sebuah kabar gembira yaitu mereka kelak akan memperoleh surga yang penuh kenikmatan, yang membuat lupa seluruh kepahitan dan kesedihan saat di dunianya.

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata: "Semua hal di atas dan yang semisalnya adalah bagian dari ujian Allah Ta’ala kepada hamba-hamba-Nya. Barangsiapa bersabar, maka Allah akan memberikan pahala baginya, dan barangsiapa berputus asa karenanya maka Allah akan menimpakan siksaan terhadapnya. Oleh karena itu, di sini Allah Ta’ala berfirman: wa basy-syirish shabirin, yang artinya “Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang sabar. ”

Semoga Allah menjadikan kita semua sebagai hamba-Nya yang senantiasa sabar dalam menghadapi semua ujian dan musibah.


Penlis:
✍🏽Abul Fata Murod
advertise